Tutorial Tinkercad – Mendapatkan model yang dapat dicetak dengan cepat

Tinkercad adalah perangkat lunak berbasis browser yang dapat digunakan untuk membuat model pencetakan 3D yang kurang lebih rumit. Keuntungannya adalah kegunaan tanpa instalasi pada semua sistem operasi, penanganan yang sangat mudah dan navigasi menu yang jelas. Selain itu, model yang dibuat dapat dengan mudah dibagikan, misalnya langsung ke thingiverse atau MyMiniFactory.

Anda akan mengenal menu dan fungsi alat ini, kemudian mendesain gantungan kunci yang kemudian bisa Anda cetak dengan kit printer 3D (LINK). mencetaknya di rumah.

Pendaftaran di Tinkercad.com

Untuk membuat dan mencetak model Anda sendiri, pertama-tama Anda memerlukan akun Autodesk. Ini gratis.

Klik pada tombol Register di beranda Tinkercad.com.

Kemudian pilih negara Anda dan masukkan tanggal lahir Anda.

Sekarang pilih nama pengguna dan kata sandi yang tidak mudah ditebak.

Jika Anda berusia di bawah 13 tahun, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email orang tua Anda. Hal ini memungkinkan Tinkercad untuk memberi tahu orang tua Anda bahwa Anda ingin mendaftar di sana.

Sekarang klik BUAT AKUN

Setelah akun dikonfirmasi, Anda bisa log masuk dengan mengklik “Log in”.

Ketika Anda masuk untuk pertama kalinya, Anda dapat melalui tutorial Tinkercad. Tetapi Anda bisa menghentikannya kapan saja dan lebih baik melanjutkannya di sini 😉

Di bagian 3D Designs, model 3D Anda ditampilkan. Saat membuat model, Tinkercad menghasilkan nama khusus yang dapat Anda edit selama pemodelan atau setelahnya.

Sekarang klik Create new design (Buat desain baru) di sini.

Ruang kerja berikut ini kemudian muncul. Di tengah adalah bidang kerja tempat Anda membuat dan mengedit model.

Area-area berikut ini dapat ditemukan di sekitarnya:

  1. Nama desain
  2. Fungsi umum
  3. Lihat opsi
  4. Opsi tampilan dan kemungkinan penyuntingan
  5. Alat untuk memilih bidang kerja atau penggaris
  6. Pemilihan kategori model
  7. Model dari masing-masing kategori model
  8. Pengaturan raster

1 Nama desain

Di sini Anda dapat dengan mudah mengedit nama dengan mengklik nama, di sini Smooth Blorr.

2 Fungsi umum

Berikut ini adalah fungsi-fungsi (dari kiri ke kanan)

  • Salinan
  • Sisipkan
  • Duplikat
  • Hapus
  • Batalkan
  • Kembalikan

untuk menemukan. Dengan Undo, Anda bisa membatalkan langkah yang sudah Anda ambil dengan setiap klik. Dengan Restore, Anda bisa secara virtual memulihkan yang belum selesai.

3 opsi tampilan

Pada bagian ini, Anda akan menemukan opsi yang memungkinkan Anda mengubah tampilan bidang kerja. Dengan cara ini, Anda bisa mengklik semua sudut, tepi dan permukaan bernama pada kubus dan mengubah sudut pandang Anda.

Apabila Anda mengklik Top , Anda mengubah tampilan ke “View from above” dan melihat bidang kerja dari atas.

4 Opsi tampilan dan kemungkinan penyuntingan

Tinkercad menawarkan Anda kemungkinan untuk memilih opsi berikut ini:

  • Tunjukkan semua
  • Kelompok
  • Ungroup
  • Sejajarkan
  • Puntung

dan di belakangnya secara langsung

  • Impor (Di sini Anda dapat mengimpor file 2D atau 3D dalam format .stl, .obj. atau .svg)
  • Ekspor (pencetakan 3D: .obj dan .stl; pemotongan laser: .svg)
  • Kirim ke (misalnya langsung ke Autodesk Fusion 360 untuk pemrosesan lebih lanjut dalam alat yang lebih profesional)

5 Alat untuk memilih bidang kerja atau penggaris

Anda bisa menggunakan ini untuk memindahkan bidang kerja. Ini berarti, misalnya, bahwa Anda mendefinisikan permukaan kubus sebagai titik nol sehingga semua objek baru ditempatkan secara langsung di atasnya dan tidak harus dipindahkan terlebih dahulu. (Mari kita gunakan di bawah ini)

Dengan bantuan penggaris, Anda bisa melihat apakah objek yang sudah Anda buat berada pada jarak yang tepat satu sama lain, atau apakah Anda masih perlu melakukan perubahan pada objek tersebut. Jika Anda ingin membuat meja dengan Tinkercad, Anda bisa mendistribusikan kaki meja secara merata.

6 Pemilihan kategori model

Apabila Anda mengeklik bidang tersebut, menu berikut ini akan terbuka dan menawarkan berbagai kategori atau katalog, dan dari situ Anda bisa memilih bentuk atau bahkan seluruh model.

7 Model dari masing-masing kategori model

Setelah Anda memutuskan kategori model, masing-masing objek ditampilkan di sini. Kemudian, Anda tinggal menyeretnya ke bidang kerja dengan mouse.

8 pengaturan kisi-kisi

Dalam pengaturan kisi-kisi Tinkercad, Anda dapat menentukan ukuran bidang kerja dan mengatur ukuran kisi-kisi snap. Beberapa printer 3D sudah dipekerjakan. Jika milik Anda ada di sana, Anda bisa memilihnya. Ukuran bidang kerja kemudian menyesuaikannya. Jika tidak, Anda juga bisa memasukkan sendiri nilainya.

Dengan snap grid, Anda secara virtual menentukan seberapa jauh sebuah objek dipindahkan ketika Anda ingin memindahkannya dengan mouse atau tombol panah. 1,00 mm sudah ditetapkan sebelumnya. Setiap kali Anda mengklik tombol panah, objek yang dipilih bergerak tepat satu milimeter.

Mengedit bentuk – Apa yang mungkin?

Di sini, saya akan menunjukkan kepada Anda pengaturan apa yang bisa Anda buat pada bentuk sederhana seperti kubus, supaya Anda bisa mendapatkan gagasan pertama mengenai berbagai kemungkinan.

Pertama-tama, ambil sebuah kubus dan letakkan pada bidang kerja. Setelah dijatuhkan, kubus dipilih dan properti bentuk muncul di sebelah kanan.

Ini bervariasi dari satu bentuk ke bentuk lainnya, tentu saja, tetapi pada umumnya Anda memiliki opsi di bagian atas untuk mengunci/membuka kunci pengeditan model atau untuk menyembunyikan model.

Kemudian, Anda bisa memilih, apakah bentuknya harus solid atau lubang.

Anda akan dapat melihat padatan pada akhirnya. Lubang hanya digunakan untuk menariknya dari padatan. Klik pada padatan untuk mengubah warna model. Tentu saja, ini tidak akan mengubah warna hasil cetakan Anda di rumah 😉

Jari-jari terkait dengan semua sudut dan tepi. Jika sakelar berada pada nilai maksimum, kubus menjadi bola.

Langkah-langkahnya sedikit membingungkan. Tuas sebenarnya hanya mengubah resolusi model. Jika Anda menginginkan kurva yang cukup bagus, Anda harus memilih nilai maksimum di sini.

Sebaliknya, jika Anda sengaja ingin menyimpan objek Anda sebagai poli rendah, tuas sebaiknya berada di sisi kiri.

Anda juga bisa menetapkan panjang, lebar dan tinggi di sini, tetapi itu lebih merupakan tipu muslihat.

Untuk melakukan penyesuaian secara langsung pada cetakan, mari kita lihat lebih dekat:

Kotak, lingkaran dan panah yang berbeda ditampilkan pada bentuk, tergantung pada sudut pandang.

Jika Anda menggerakkan mouse ke salah satu objek ini, Anda akan melihat informasi ukuran yang sesuai. Sekarang, Anda bisa menahan titik ini dengan mouse dan memperbesar atau memperkecil.

Saran: Ini belum tentu selalu akurat, khususnya jika, misalnya, Anda ingin satu sisi memiliki panjang 12,34 mm, bukan 12,30 mm.

Untuk dapat memasukkan nilai sendiri. Klik saja pada tanda panah pada 1 di bawah ini:

Kemudian Tinkercad tahu bahwa Anda ingin memutar bentuk di sekitar porosnya sendiri. Klik dan ubah nilainya ke 0° dan lihat apa yang terjadi apabila Anda mengubah nilainya ke 45° atau 120°.

Dengan cara ini Anda bisa mengubah semua panjang dan sudut di Tinkercad.

Jika Anda mengklik pada angka 2, Anda akan melihat gambar berikut ini:

Di sini, Anda bisa mengubah panjang sisi-sisi yang bersilangan pada titik ini. Klik lagi pada salah satu nilai, masukkan nilai baru.

Masuk.

Siap!

Tinkercad selalu menunjukkan kepada Anda ke sisi atau sumbu mana (untuk sudut) fungsi yang dimaksud.

Ubah posisi

Untuk mengubah posisi kubus, cukup untuk bidang X dan Y jika Anda memilih kubus dan memindahkannya dengan tombol panah atau mouse itu sendiri.

Untuk menggerakkan kubus ke atas – yaitu menjauhi bidang kerja – Anda harus memegang titik 4 yang ditunjukkan di atas dengan mouse dan menggerakkannya ke atas atau ke bawah.

Di sini Tinkercad kembali menunjukkan seberapa jauh Anda dari bidang kerja.

Apabila Anda meletakkan bentuknya, Anda akan melihat jarak (25.00) lagi dengan kemungkinan untuk memasukkannya sendiri:

Sekarang Anda tahu ruang kerja Anda dan cara mengedit bentuk.

Sekarang kita sampai pada pemodelan!

Memodelkan Gantungan Kunci dengan Tinkercad

Dengan tutorial ini Anda akan belajar cara membuat gantungan kunci berikut:

Tentu saja Anda juga bisa menggunakan huruf yang berbeda dari threedom;)

Langkah 1: Pasang dan edit kubus

Untuk langkah pertama, ambil sebuah kubus dan letakkan pada bidang kerja.

Dengan klik pada kotak atas, Anda dapat mengubah ketinggian kotak.

Pilih 4 mm di sini.

Kemudian kita ingin mengedit panjang halaman.

Dengan mengklik kotak di kanan bawah, Tinkercad menunjukkan bahwa Anda sekarang dapat mengubah panjang sisinya:

Di sini Anda mengambil 50 mm untuk panjang gantungan kunci.

Lebar 20 mm tidak terlalu lebar dan juga tidak terlalu tipis. Itulah sebabnya kami membiarkan nilai ini apa adanya:

Langkah 2: Memasang dan memproses atap bundar

Kemudian ambil bentuk atap bundar dan letakkan pada bidang kerja seperti pada gambar berikut:

Sekarang, kita putar bentuk ini dua kali supaya bentuk ini berdiri seperti yang kita inginkan.

Untuk melakukan ini, klik pada panah ganda bawah dan fungsi sudut muncul. Klik pada 0° untuk dapat mengubah nilainya.

Pilih 90° di sini:

Sekarang bentuk atap bundar harus diputar ke atas.

Klik pada simbol panah ganda dan klik lagi pada 0°.

Di sini Anda sekarang memasukkan -90°.

Itu hampir terlihat benar….

…tapi hanya hampir. Cetakan sekarang terletak pada bagian di bawah level kerja. Untuk memperbaiki masalah, tahan panah yang mengarah ke atas dengan mouse dan gerakkan ke atas selama…

…sampai nilai +/- 0.00 tercapai:

Lihatlah panjang sisi bentuknya. Bagi saya, nilainya telah berubah menjadi 20,35. Saya mengubahnya kembali ke 20.00.

Sekarang pilih kedua bagian pada bidang kerja. Inilah yang terjadi:

  • Ctrl+A – Memilih semua (Kita hanya memiliki 2 objek dan ingin memilih keduanya). Oleh karena itu tidak ada masalah)
  • Anda dapat memilih keduanya dengan mouse seperti Anda memilih teks di Word.
  • Tekan tombol Shift (yang di atas Ctrl) – Tahan dan klik pada kedua objek secara bergantian. Sekarang keduanya ditandai.

Sekarang klik Group sehingga kedua objek digabungkan menjadi satu bentuk. Dengan tombol di sebelah kanan Ungroup, Anda bisa menghapus pengelompokan.

Langkah 3: Pengeboran untuk cincin

Kemudian tarik silinder atas ke dalam bidang kerja.

Silinder atas berbeda dari yang lain hanya dalam hal bore yang sudah dipilih sebelumnya dalam pengaturan. Jika Anda mengklik solid di sini, maka akan menjadi solid lagi.

Demikian pula, Anda bisa membuat bore dari silinder bawah dengan mengklik Bore dalam pengaturannya.

Sekarang kita ubah nilai silinder menjadi 6 mm pada kedua sisinya.

Tidak ada radius atau diameter yang dipilih. Jadi, Anda juga bisa membuat elips jika Anda suka.

Ketinggian lubang tidak menjadi masalah dalam kasus ini dan bisa dibiarkan apa adanya. Ketinggian lubang di sini setidaknya harus sesuai dengan ketinggian gantungan kunci (4 mm).

Agar lubang dan gantungan kunci sejajar, sekarang Anda harus menyelaraskannya.

Pilih Hole dan Keychain – seperti yang dijelaskan di atas – lalu klik Align.

Sekarang, Anda bisa menentukan pada garis mana kedua objek harus disejajarkan satu sama lain.

Bagian tengah dari tiga titik kanan menyejajarkan garis tengah trailer dengan lubang.

Jangan ragu untuk mencoba poin-poin lain untuk merasakan fungsi ini.

Ini sangat berguna.

Sekarang pilih lagi kedua objek dan kali ini klik pada Group.

Lubang sekarang dihilangkan dari padatan.

Langkah 4: Menyisipkan hati dan tulisan

Hati dan hurufnya masih hilang.

Sekarang tarik jantung ke level kerja.

(Tolong jangan tanyakan kepada saya, mengapa hati secara khusus mendapatkan warna yang begitu bagus 😉 )

Di sini, kami mengubah ketinggian hati menjadi 5 mm supaya sedikit mengintip dari gantungan kunci.

Gerakkan hati sehingga keseluruhan gambar terlihat seperti gambar berikut ini.

Di sisi kanan, klik Work Layer di bagian atas dan gerakkan mouse ke key fob.

Dengan satu klik, permukaan gantungan kunci menjadi bidang kerja dan semua objek baru ditempatkan langsung di atasnya.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu menyeret setiap objek ke atas terlebih dulu.

Kemudian seret bentuk Teks ke bidang kerja. Anda bisa mengubah teks dalam pengaturan di sebelah kanan.

Kami akan mengambil threedom di sini, tentu saja 🙂

Pada langkah berikutnya, gunakan mouse untuk memilih kotak di kanan atas, misalnya.

Sekarang tahan tombol Shift (ingat: itu yang di atas tombol Ctrl) dan seret huruf ke ukuran yang diinginkan dengan mouse.

Dengan menekan tombol shift, font dikurangi secara merata. Tanpa itu, huruf-hurufnya akan terkompresi.

Jangan ragu untuk mencobanya.

Anda tidak akan merusak apa pun dalam prosesnya.

Kemudian geser tulisan ke gantungan kunci:

Jika Anda suka, sekarang Anda bisa menandai gantungan kunci dan hurufnya, kemudian menempatkan kembali hurufnya di tengah dengan menyelaraskannya .

Terakhir, pilih semua objek (gantungan kunci, hati dan tulisan) dan klik Group.

Gantungan kunci Anda sekarang sudah siap!

Anda telah menjadi ahli Tinkercad sejati!

Langkah 5: Ekspor

Untuk melakukan ini, klik Export.

Sekarang, Anda dapat mengunduh file atau mengirimkannya ke printer 3D yang kompatibel atau layanan pencetakan 3D.

Karena kita ingin mencetak trailer sendiri, kita cukup memilih .STL di bawah Download.

Kemudian Anda dapat menyimpan file tersebut di komputer Anda dan menggunakan file .STL di slicer pilihan Anda. B. Cura dari Ultimaker).

Selamat bersenang-senang membuatnya!

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Tinkercad

Ya. Tinkercad selalu gratis dan masih gratis. Tetapi saya juga berasumsi bahwa alat ini akan tetap gratis selamanya. Autodesk dapat menggunakan ini untuk meletakkan dasar-dasar lebih awal bagi para pengguna dan pembeli di masa depan, yang bisa dan kemudian akan menggunakan alat pembayaran pada suatu saat di masa tua mereka.

Ya, Anda memiliki kemungkinan untuk mengekspor file dalam beberapa format seperti .stl dan .obj. Misalnya, Anda tidak perlu memperhatikan apakah model yang Anda buat kedap air dan karenanya dapat dibuka oleh semua slicer.

Tinkercad pada dasarnya adalah aplikasi web, yang berarti bahwa Anda sebagai pengguna dapat menggunakan alat ini melalui browser. Oleh karena itu, tidak ada versi unduhan untuk perangkat desktop. Namun, jika Anda memiliki iPad, segalanya terlihat sangat berbeda. Anda bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi Tinkercad dari App Store. Dengan aplikasi iPad, Anda bahkan dapat menempatkan dan melihat model Anda di mana saja melalui augmented reality.

Tidak. Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak area yang ditambahkan dan saat ini Tinkercad menawarkan pengguna beberapa fungsi lebih dari sekedar membuat model 3D. Hal ini mencakup pembuatan sirkuit, model augmented reality dan pemrograman kode program berbasis blok. Ini juga merupakan alasan mengapa Tinkercad menjadi semakin populer, terutama di sekolah-sekolah dan ruang kelas: Tinkercad tidak lagi hanya tentang model 3D!

Tinkercad memungkinkan impor file .stl, .obj dan .svg. Oleh karena itu, Anda bisa mengintegrasikan beberapa file gambar melalui jalur SVG. Saya ingin melihat sedikit lebih banyak pilihan di sini.

Tinkercad tidak memiliki slicer secara langsung. Beberapa penyedia pencetakan 3D dan juga beberapa printer 3D dapat langsung dikontrol dan diberi data.

Ya. Antara lain, Anda bisa mengirim draf Anda secara langsung ke Fusion 360 untuk pengeditan lebih lanjut. Tentu saja, Anda juga dapat mengedit file yang diekspor dengan alat bantu lain seperti FreeCAD dll. Anda juga memiliki opsi untuk menyimpan model Anda sebagai templat printer 3D di portal seperti Thingiverse atau MyMiniFactory, tanpa jalan memutar.